belajar kursus bahasa korea basic pemula

Lowongan kerja di Korea

lowongan kerja di korea – Karena semakin sulitnya mencari pekerjaan di dalam negeri maka banyak lulusan sekolah yang mencoba untuk mencari lowongan kerja di luar negeri seperti Korea selatan.



Untuk bisa mengajukan lamaran kerja ke Korea maka harus bisa memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur yang ditentukan oleh pihak BNP2TKI dan HRD Korea.

Untuk saat ini proses penempatan TKI ke Korea selatan harus melalui program G to G Korea dengan mekanisme sistem EPS (Employment Permit System).

Jadi untuk bisa mengajukan lamaran untuk lowongan kerja di Korea harus mengikuti tes bahasa Korea EPS TOPIK terlebih dahulu.

Setelah berhasil lulus ujian EPS TOPIK maka selanjutnya harus melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak BNP2TKI dan HRD Korea.

Sertifikat kelulusan tes EPS TOPIK hanyalah merupakan salah satu syarat untuk mengirimkan lamaran ke HRD Korea.

Jadi bukanlah satu patokan bahwa lulus ujian EPS TOPIK berarti kita dipastikan akan bisa bekerja di Korea.

Yang memastikan kita bisa terbang dan bekerja di Korea adalah adanya pengguna yang memilih data kita kemudian dipanggil untuk terbang ke Korea dan dipekerjakan di perusahaannya.

Meskipun data lamaran kita telah berhasil dikirimkan ke HRD Korea pusat di Korea selatan namun jika tidak ada perusahaan yang memilih data profile kita untuk dipekerjakan di perusahaannya maka kita tidak akan bisa bekerja di Korea sampai ada pengguna yang memilih data lamaran kita.

Ijazah yang digunakan untuk mengirimkan lamaran untuk lowongan kerja di Korea minimal adalah ijazah SMP.

Dan juga harus diketahui bahwa ijazah tidak begitu mempengaruhi terhadap jenis pekerjaan yang akan kita dapatkan di Korea nantinya.

Jadi meskipun anda mengajukan lamaran lowongan kerja di Korea menggunakan ijazah SMP, SLA, Diploma ataupun ijazah S1 maka nantinya akan dipekerjakan dalam dalam bidang pekerjaan yang sama.

Jika pekerjaan yang dipilih adalah manufaktur maka nantinya akan dipekerjakan di pabrik sebagai operator, atau jika anda memilih bidang pekerjaan fishing maka akan bekerja di perikanan baik di laut atau tambak.

Jadi jangan anggap jika anda melamar menggunakan ijazah S1 akan mendapatkan kerja kantoran di Korea.

Semua akan dianggap sama baik itu lulusan SMP ataupun lulusan S1 akan sama-sama mendapatkan gaji TKI yang sesuai standar basic gaji di Korea.

Saat ini lowongan kerja di Korea selatan bukan saja untuk pria namun ada juga lowongan kerja di Korea untuk wanita.

Namun jumlahnya lebih banyak pria dibandingkan wanita dikarenakan bidang pekerjaan yang dibutuhkan di Korea lebih banyak membutuhkan tenaga laki-laki dibanding tenaga wanita.

Jenis pekerjaan untuk wanita di Korea selatan biasanya ditempatkan di sektor manufaktur yaitu di pabrik elektronik, molding, percetakan, makanan, ataupun plastik.

Jadi bagi anda yang berminat untuk mengisi lowongan pekerjaan di Korea selatan persiapkan sedini mungkin untuk membekali diri dengan keterampilan bahasa Korea agar saat nanti diadakannya ujian bahasa Korea EPS TOPIK sudah memiliki persiapan matang.