belajar kursus bahasa korea basic pemula

Cara mendapatkan kerja di Korea Selatan

cara mendapatkan kerja di korea selatan – Sulitnya mencari lowongan kerja di dalam negeri membuat para pencari kerja di Indonesia bertekad untuk mengadu nasibnya di negeri luar.



Negara yang menjadi tujuan favorit para tenaga kerja asal Indonesia
di antaranya Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong, Arab Saudi, Jepang, dan Kore selatan.

Di antara negara tersebut yang kini menawarkan gaji tinggi yaitu negeri ginseng Korea selatan.

Tidak heran kini banyak yang berminat untuk mengadu nasib di negeri pusatnya boyband dan girlband ini karena tergiur oleh gaji kerja di Korea yang cukup besar .

Terbukti dengan selalu membludaknya peserta ujian bahasa Korea EPS TOPIK yang diselenggarakan oleh HRD Korea dan BNP2TKI untuk menyeleksi para calon TKI yang mempunyai kemampuan bahasa Korea yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah Korea dalam hal ini pihak HRD Korea.

Untuk tahun 2018 ini saja jumlah peserta yang akan mengikuti Ujian EPS-TOPIK CBT Sektor Manufaktur sebanyak 16.377 orang peserta.

Salah satu syarat untuk bisa melamar kerja di Korea selatan yaitu harus memiliki sertifikat kelulusan bahasa Korea EPS TOPIK.

Oleh karena itu cara mendapatkan kerja di Korea selatan yaitu pertama-tama harus dipersiapkan kemampuan bahasa Korea.

Sedini mungkin diusahakan untuk mulai belajar dasar bahasa Korea agar pada saatnya diselenggarakan ujian EPS TOPIK nanti tidak akan merasa kesulitan.

Bagi pemula yang belum berpengalaman kerja di luar negeri mungkin akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara bekerja di korea selatan.

Sebagian pasti akan mencari tentang info agen kerja ke korea. Sebetulnya agen kerja di Korea atau dulu lazimnya disebut sebagai PT penyalur tenaga kerja ke korea tidak berhak lagi mengurusi calon TKI ke Korea setelah diberlakukannya program G to G oleh BNP2TKI dan HRD Korea.

Kini untuk bisa mengisi lowongan kerja luar negeri di Korea selatan harus mengikuti prosedur dan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan Korea selatan dalam hal ini diwakili oleh BNP2TKI dan HRD Korea.

Cara agar bisa kerja di Korea selatan memang sedikit berbeda dengan prosedur lamaran kerja ke luar negeri lainnya.

Cara daftar atau melamar kerja di Korea selatan harus mengikuti seleksi ujian bahasa Korea EPS TOPIK. Untuk pemula yang bukan ex Korea harus mengikuti lagi ujian tahap ke 2 yaitu tes skill yang diselenggakan oleh BNP2TKI.

Berapa tahun kontrak kerja di korea?

Untuk saat ini lama kontrak kerja di Korea selatan selama 3 tahun dan bisa diperpanjang lagi menjadi 5 tahun, tepatnya 4 tahun 10 bulan, setelah itu TKI diwajibkan untuk pulang secara sukarela agar nantinya bisa kembali bekerja di Korea dengan mengikuti kembali tes EPS TOPIK khusus CBT untuk eks TKI Korea.

Untuk biaya kerja di Korea ini ditanggung oleh calon TKI sendiri yaitu untuk biaya kursus bahasa Korea, pendaftaran tes EPS TOPIK, medical check up, pembuatan passpor bagi yang belum punya, pengurusan visa, pembelian tiket, biaya asuransi, biaya prelim, pengurusan dokumen pribadi, ongkos, dll.

Jadi sebenarnya tidak ada lowongan kerja keluar negeri untuk pria atau wanita tanpa biaya (gratis) atau lowongan kerja di Korea dengan sistem potong gaji.

Untuk saat ini peluang kerja di Korea selatan sebagian besar didominasi oleh laki-laki karena pekerjaan yang bisa ke Korea sebagian besar membutuhkan tenaga pria, seperti pekerjaan welder, pekerja fishing, pekerja bangunan, dan sebagian bekerja di pabrik perusahaan Korea sektor manufaktur.

Untuk sistem dan syarat kerja di luar negeri khususnya Korea selatan ini bisa diikuti oleh lulusan minimal SMP dan lulus mengikuti tes bahasa Korea EPS TOPIK dan tes skill.

Jadi bagi yang telah memiliki ijazah SMP, SMA, Diploma atau S1 bisa mengajukan lamaran untuk bisa bekerja di Korea selatan.

Namun perlu diingat meskipun anda lulusan S1 namun jenis pekerjaan di Korea semua dianggap sama. Jadi jangan bermimpi anda akan kerja kantoran di Korea.

Jika nanti masuk sektor manufaktur maka pekerjaan anda akan bekerja di pabrik Korea sebagai operator atau karyawan pabrik begitu juga jika anda memilih sektor fishing maka anda akan bekerja di bidang perikanan baik itu di laut atau pertambakan.

Untuk yang mencari lowongan kerja di korea tanpa tes mungkin harus menunggu sampai pihak HRD Korea menghilangkan syarat harus memiliki sertifikat EPS TOPIK.

Karena untuk mendapatkan sertifikat kelulusan bahasa Korea EPS TOPIK maka kita harus mampu mengikuti tes bahasa Korea EPS TOPIK.

Untuk tahun 2018 ini lowongan kerja di korea untuk orang Indonesia quotanya sedikit berkurang dikarenakan masih banyaknya pekerja ilegal asal Indonesia yang masih bekerja di Korea dan belum mau pulang secara sukarela.

Untuk lebih jelasnya tentang sistem dan syarat program kerja ke Korea G to G BNP2TKI bisa dibaca info lengkapnya di situs BNP2TKI yaitu di bnp2tki.go.id.

Cara mendapatkan kerja di Korea Selatan sebetulnya tidak susah. Asal sesuai prosedur dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh HRD Korea dan BNP2TKI maka siapapun dapat bekerja ke Korea.