belajar kursus bahasa korea basic pemula

Jadwal Ujian EPS TOPIK Terbaru

Kapan ada tes EPS TOPIK lagi?
Itulah pertanyaan tentang jadwal ujian EPS TOPIK terbaru yang sering diajukan oleh para calon TKI Korea yang hendak mengikuti tes bahasa Korea EPS TOPIK.



Baik yang pertama kali akan ikut tes atau yang pernah gagal tes dan ingin mengulang kembali di ujian EPS TOPIK berikutnya.

Dulu istilah ujian EPS TOPIK ini dikenal dengan sebutan ujian KLPT (Korean Language Proficiency Test) namun sekarang lebih sering disebut dengan istilah EPS-TOPIK (Employment Permit System – Test of Proficiency in Korean).

Sebenarnya jadwal ujian EPS TOPIK bahasa Korea yang diselenggarakan oleh BNP2TKI ini dilaksanakan dalam 2 jadwal yang berbeda yaitu ujian EPS TOPIK PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test).

Ujian EPS TOPIK PBT adalah ujian bhs Korea EPS TOPIK yang dikhususkan untuk calon TKI Korea pemula sedangkan ujian EPS TOPIK CBT dikhususkan untuk mantan atau eks TKI Korea yang ingin kembali bekerja ke Korea Selatan.

Apa itu tes EPS-TOPIK

Ujian EPS TOPIK adalah ujian kemampuan bahasa Korea yang dilakukan untuk menyeleksi para calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) yang akan melamar kerja ke Korea Selatan secara resmi melalui program G to G yang diselenggarakan oleh BNP2TKI.

Yang perlu diketahui bahwa lulus dari ujian bahasa Korea bukanlah jaminan bisa langsung diterima dan mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan, namun harus mengikuti lagi beberapa tahap seleksi.

Sertifikat kelulusan tes EPS TOPIK hanyalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengajukan lamaran kerja ke Korea melalui program resmi G to G Korea yang difasilitasi oleh pihak BNP2TKI bekerjasama dengan pihak HRD Korea.

Informasi tes EPS TOPIK

Info resmi mengenai kapan ada ujian EPS TOPIK lagi atau update berita terbaru seputar jadwal pendaftaran ujian EPS TOPIK bisa dipantau di situs resmi BNP2TKI yaitu bnp2tki.go.id.

Bagi calon pendaftar ujian EPS TOPIK yang mengikuti kursus bahasa Korea di lembaga bahasa atau LPK bahasa Korea bisa juga mendapatkan info terbaru seputar tes EPS TOPIK melalui lembaga bersangkutan.

Itupun sumber utamanya berasal dari situs resmi BNP2TKI atau dari situs EPS Korea yaitu di alamat eps.go.kr atau HRD Korea di alamat eps.hrdkorea.or.kr

Jadi bagi yang ingin memantau update atau tidak ingin ketinggalan informasi mengenai kapan ada jadwal terbaru ujian EPS TOPIK lebih baik terus memantau situs resmi BNP2TKI.

Jadwal pendaftaran ujian EPS TOPIK PBT

Ujian EPS TOPIK PBT yaitu ujian tulis bahasa Korea dengan menggunakan media tulis dimana kertas soal dan lembar jawaban menggunakan kertas (Paper based Test), sedangkan ujian CBT (Computer based Test) menggunakan media komputer untuk sistem soal dan jawabannya.

Untuk pengumuman jadwal pendaftaran baik ujian EPS TOPIK PBT atau CBT diumumkan lewat situs resmi BNP2TKI dan situs resmi EPS TOPIK atau HRD Korea.

Namun jika ingin info update jadwal pendaftaran ujian EPS TOPIK langsung dari sumbernya yaitu HRD Korea bisa dipantau di alamat http://eps.hrdkorea.or.kr/epstopik

Cara pendaftaran ujian EPS TOPIK kini sudah diperbarui prosesnya yaitu dari cara konvensional menjadi sistem pendaftaran online.

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet di Indonesia semakin memudahkan cara dalam melakukan sesuatu yang juga dapat meningkatkan efektifitas proses jarak dan waktu.

Sebelum tahun 2016 proses pendaftaran ujian EPS TOPIK masih dilakukan secara konvensional yaitu semua berkas persyaratan dikirimkan melalui pos surat.

Kini registrasi atau pendaftaran ujian EPS TOPIK bisa dilakukan secara online.

Cara daftar ujian EPS TOPIK online kini semakin mudah, bisa dilakukan lewat HP ataupun desktop komputer dengan koneksi internet melalui website g2g.bnp2tki.go.id

Jadi cara daftar ujian EPS TOPIK online ini lebih menghemat biaya, dengan bermodal kuota kurang dari 5 ribu perak bisa melakukan pendaftaran ujian EPS TOPIK sehingga tidak memerlukan biaya pengiriman yg berlebih atau tidak perlu langsung pergi ke Jakarta untuk mengantarkan berkas pendaftaran.

Syarat daftar ujian EPS TOPIK

Secara garis besar persyaratan agar bisa mengikuti program G to G Korea ini yaitu WNI pria/wanita yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun.

Selain itu pendidikan minimal yang diperbolehkan yaitu SLTP sederajat, tidak sedang dalam pencekalan ke luar negeri, tidak pernah mendapatkan hukuman atau penjara serta tidak pernah dideportasi dari Korea Selatan.

Jika syarat itu terpenuhi maka berpeluang untuk bisa mengikuti program G to G Korea ini, dan terlebih dahulu harus mengikuti tahap pertama yaitu memiliki sertifikat kelulusan ujian bahasa Korea EPS TOPIK.

Setelah semua syarat daftar ujian EPS TOPIK lengkap maka ketika nanti ada pembukaan pendaftaran ujian EPS TOPIK bisa langsung mengajukan pendaftaran secara online di alamat http://g2g.bnp2tki.go.id

Biaya tes EPS TOPIK

Ketentuan berapa besarnya biaya yang diperlukan untuk pendaftaran ujian EPS TOPIK ditentukan oleh HRD KOREA.

Pada pendaftaran sebelumnya biaya tes EPS TOPIK yang harus dikeluarkan yaitu sebesar USD 24.
Jika menggunakan kurs 1 USD = Rp 13.545 maka biaya registrasi tes EPS TOPIK yaitu sebesar Rp 325.080

Untuk tes EPS TOPIK ke depannya bisa saja biaya tersebut mengalami kenaikan, tergantung kebijakan yang ditentukan oleh HRD Korea.

Daftar kelulusan ujian EPS TOPIK

Jika kita telah mengirimkan berkas pendaftaran EPS TOPIK dan berhasil lolos dari verifikasi data maka untuk melihat daftar peserta ujian EPS TOPIK bisa dilihat pengumumannya di website BNP2TKI beserta info tentang waktu pengambilan kartu ujian EPS TOPIK di BP3TKI/UPTP3TKI/LP3TKI.

Begitupun juga untuk melihat daftar nama peserta yang lulus ujian EPS TOPIK atau daftar nilai hasil ujian EPS TOPIK bisa dipantau via website BNP2TKI.

Cara menghadapi tes EPS TOPIK

Agar bisa mengikuti dan menyelesaikan soal-soal tes EPS TOPIK dengan mudah maka harus dibarengi dengan belajar bahasa Korea yang giat.

Memang tidak mudah untuk menguasai bahasa Korea secara instan apalagi dengan waktu yang terbatas dan mepet dengan waktu ujian.

Oleh karena itu ada baiknya untuk mempelajari bahasa Korea sedini mungkin agar mempunyai waktu yang cukup untuk bisa menguasai bahasa Korea, sehingga apabila ada pembukaan pendaftaran ujian EPS TOPIK yang mendadak kita sudah siap dan mempunyai bekal yang matang dalam mengahadapi soal-soal ujian.

Untuk belajar bahasa Korea dasar atau pengenalan-pengenalan bahasa Korea bisa dipelajari via internet secara gratis.

Kini banyak bertebaran blog-blog atau situs yang menyediakan konten pelajaran bahasa Korea dasar untuk pemula yang bisa diakses secara FREE.

Tentu saja ini sangat bermanfaat bagi yang mempunyai dana terbatas untuk mengikuti kursus bahasa Korea.

Bagi yang memiliki dana lebih, sambil menunggu jadwal pendaftaran ujian EPS TOPIK ada baiknya mengikuti kursus bahasa Korea di lembaga bahasa Korea atau LPK.

Yang perlu diingat jangan tergoda oleh bujuk rayu ‘oknum’ yang memberikan janji bisa memberikan bocoran soal tes EPS TOPIK dengan syarat harus mengeluarkan biaya yg tinggi.

Jika memerlukan contoh-contoh soal tes EPS TOPIK banyak bertebaran di internet salah satunya bisa dilihat di web seoulina.com yang menyediakan materi pelajaran bahasa Korea secara gratis.

Selain itu kita juga bisa download soal tes EPS TOPIK via situs resmi HRD Korea yang bisa kita gunakan sebagai kisi-kisi atau gambaran soal-soal ujian yang akan keluar nantinya.

Namun bagi para member aktif KBK123 semua materi EPS TOPIK baik kisi-kisi soal EPS TOPIK, contoh soal ujian EPS TOPIK asli, kosa kata bahasa Korea khusus EPS TOPIK, bisa didapatkan langsung di member area.

Jadi, untuk info jadwal ujian EPS TOPIK Terbaru bisa dicek di website resmi BNP2TKI yaitu di bnp2tki.go.id