belajar kursus bahasa korea basic pemula

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea dan Artinya

bahasa korea selamat ulang tahun – Ulang tahun adalah momen yang sangat berharga bagi kita dalam memperingati hari kelahiran manusia ke dunia.



Bukan saja sekedar ucapan selamat kepada orang yang merayakan ulang tahun pada hari kelahirannya, di samping itu juga terselip doa dan harapan agar orang yang memperingati ulang tahun tersebut bersyukur atas umur yang telah dikaruniakan Tuhan dan berharap agar umur panjang yang diberikan-Nya bisa dipergunakan dengan kebaikan dan amal yang berguna bagi kehidupan dirinya sendiri dan lingkungan.

Ada berbagai cara seseorang mengucapkan ‘selamat ulang tahun‘ bagi orang tercintanya, baik kepada teman, sahabat, orang tua, saudara, atau bahkan kepada pacar.

Namun bagi yang sedang belajar bahasa asing, biasanya ada rasa ingin tahu untuk mengetahui bagaimana cara menyampaikan ucapan ‘selamat ulang tahun‘ dalam bahasa Inggris, atau bahasa Jepang, atau bahasa Korea misalnya.

Nah, khusus untuk bahasa Korea dan yang sedang belajar bahasa Korea, di artikel ini kita akan bahas bagaimana cara atau kalimat ucapan selamat ulang tahun yang biasa digunakan dalam percakapan orang Korea.

Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea untuk pacar

Biasanya bagi orang yang suka sama sesuatu yang berbau Korea, baik itu penggemar Kpop atau drama Korea pasti penasaran tentang bagaimana kalimat bahasa Koreanya ucapan selamat ulang tahun ini.

Terlebih lagi bagi yang sudah punya pacar pasti akan sibuk mecari terjemahan selamat ulang tahun ini dalam kamus bhs Korea.

Di saat momen indah pacarnya berulang tahun maka kalimat indah ini akan digunakannya untuk mengucapkan selamat kepada pacarnya atas bertambahnya umur dan kedewasaan yang semakin matang, dengan menggunakan bahasa asing khususnya Korea diharapkan agar menambah kesan romantis meskipun pacarnya mungkin sama sekali tidak mengerti bahasa korea.

Baik, pertama kita akan bedah bagaimana kalimat ‘selamat ulang tahun‘ diucapkan dalam bahasa Korea.

Frase ‘ulang tahun‘ dalam bahasa Korea biasa diucapkan dengan kosakata 생일 [saengil]. Atau dalam bentuk honorifik yaitu 생신 [saeng-sin].

Ucapan ‘selamat‘ dalam bentuk dasar atau bentuk kamus bahasa Koreanya yaitu 축하하다 [cukha hada].

Jadi jika kedua frase tersebut digabungkan supaya menjadi kalimat yang artinya ‘selamat ulang tahun‘ maka akan menjadi 생일 축하하다 [saengil chukahada].

Perlu diingat, 생일 축하하다 [saengil chukahada] ini masih dalam bentuk dasar atau bentuk kamus. Jadi, masih belum pas untuk langsung diucapkan, karena harus diubah dulu ke dalam bentuk lain agar menjadi kalimat yang benar dan sesuai dengan kaidah formalitas dan kesopanan dalam berbahasa Korea.

Ada 3 bentuk yang umum digunakan dalam aturan formalitas dan kesopanan bahasa Korea, yaitu:

  1. Bentuk formal (digunakan dalam situasi yg sangat resmi dan sopan)
  2. Bentuk semi formal (digunakan dalam situasi tidak begitu formal, dlm hubungan yang dekat namun tetap sopan)
  3. Bentuk informal/banmal/kasual (digunakan hanya kepada orang yang sudah benar-benar dekat dan akrab dalam situasi yg tidak formal, akan menjadi ‘bahasa kasar‘ jika diucapkan kepada orang yang lebih tua atau orang yg dihormati).

Bentuk formal dari kalimat 생일 축하하다 [saengil chukahada] yaitu 생일 축하합니다 [saengil chukha hamnida].

Untuk bentuk semi-formalnya yaitu tinggal mengubah ke dalam bentuk kata kerja akhiran ~요 [yo] yaitu menjadi 생일 축하해요 [saengil chukha haeyo].

Sedangkan untuk bentuk informal/banmal, yang biasa kita gunakan untuk ucapan akrab kepada seusia atau kepada yang lebih muda yaitu tinggal menghilangkan akhiran ~요 [yo] dari 생일 축하해요 [saengil chukha haeyo] menjadi 생일 축하해 [saengil chukha hae] saja.

Ingat, untuk memberi ucapan selamat ulang tahun kepada orang tua, guru, atasan atau siapapun yang dihormati jangan sekali-kali menggunakan bentuk banmal, karena akan terkesan menadi ‘bahasa kasar’.

Bentuk 생일 축하해 [saengil chukha hae] ini digunakan untuk ucapan selamat ultah kepada teman, adik, pacar, atau orang yang benar-benar sudah akrab dan dekat.

Jadi, jika kita ingin mengucapkan ‘selamat ulang tahun‘ kepada pacar atau teman maka bisa dengan menggunakan bentuk 생일 축하해 [saengil chukha hae] ini.

Note: Untuk bentuk honorifik; diucapkan kepada orang yang sangat dihormati, baik orang tua atau atasan, atau orang-orang yang terhormat maka sebaiknya gunakan

생신 축하 드립니다 [saengsin chukha deurimnida] = selamat ulang tahun.

Bahasa Korea selamat ulang tahun kakak/oppa

Oppa merupakan panggilan dalam bahasa Korea dari cewek kepada kakak laki-laki/abang atau lelaki yang dianggap lebih tua darinya.

Nah bagaimana jika seorang cewek ingin mengucapkan ‘selamat ulang tahun‘ kepada kakak laki-laki atau abang, atau kepada teman lelaki yang usianya lebih tua, atau bahkan kepada pacarnya.

Dalam hal ini kita bisa menggunakan ketiga bentuk kalimat tadi, tergantung kita ingin mengucapkannya dalam kesan yang sopan atau kesan yang akrab saja.

Jika kita ingin menyampaikannya dalam kesan yg sopan maka bisa menggunakan bentuk:
생일 축하합니다, 오빠! [saengil chukha hamnida, oppa!] = selamat ulang tahun, kak/mas/bang!

atau

생일 축하해요, 오빠! [saengil chukha haeyo, oppa!] = selamat ulang tahun, kak/mas/bang!

atau bentuk yang biasa saja, yaitu bentuk banmal

생일 축하해, 오빠! [saengil chukha hae, oppa!] = selamat ulang tahun, kak/mas/bang!

Untuk penyebutan 오빠 [oppa] bisa diucapkan di depan atau di belakang.

Download lagu selamat ulang tahun bahasa Korea

Dalam momen perayaan ulang tahun sudah lazim jika saat orang yang berulang tahun memotong kue dan meniup lilin, orang-orang yang hadir di sekelilingnya sembari menyanyikan lagu ‘wajib’ selamat ulang tahun atau dalam bahasa Inggris yaitu lagu ‘Happy birthday to you‘.

Nah bagaimana jika perayaan ulang tahun di Korea apakah sama menyanyikan lagu ‘Happy birthday to you‘ juga?

Sebenarnya sama saja, jika orang Korea-nya yang bisa bahasa Inggris biasanya mampu menyanyikan lagu ‘happy birthday‘ namun bagi yang tidak bisa berbahasa Inggris biasanya menyanyikan lagu ‘selamat ulang tahun’ versi bahasa koreanya.

Nah, bagaimana lagu ‘selamat ulang tahun‘ dalam versi bahasa Koreanya?

Sebenarnya nada iramanya sama dengan lagu ‘happy birthday to you‘ dalam bahasa Inggris, cuma liriknya saja yang diterjemahkan ke dalam lirik bahasa Korea.

Bagi yang penasaran dengan lagu selamat ulang tahun versi Korea bisa ditonton lewat video youtube, atau bagi yang ingin mendownload lagunya bisa juga mendownload file mp3 dari youtube kemudian mengkonversinya ke dalam bentuk mp3 menggunakan aplikasi/addon youtube downloader atau video to mp3 converter online.

Lirik lagu saengil chukha hamnida dan artinya

Lirik lagu ‘selamat ulang tahun‘ dalam bahasa Korea bisa dilihat seperti di bawah ini.

Lirik Lagu “Selamat Ulang Tahun” Korea versi Lengkap

생일 축하합니다 (2x) [saeng-il chukahamnida]
= selamat ulang tahun (2x)

지구에서 우주에서 제일 사랑합니다 [cigu esô uju esô jeil sarang hamnida]
= di bumi, di alam semesta, aku sangat mencintaimu

꽃보다 더 곱게 별보다 더 밝게 [kot poda dô kopkke byol poda dô palkke]
= lebih indah dari bunga, lebih terang dari bintang

사자보다 용감 하게, happy birthday to you [saja boda yong gam hage]
= lebih berani dari singa

생일 축하합니다 (2x) / [saeng-il chukahamnida]
= selamat ulang tahun (2x)

꽃다운 내 친구야 굵고 길게 살아요. [kkot taun nae chin-guya kulkko kilkke sarayo]
= temanku yg seperti bunga, semoga panjang umur.

Lirik Lagu “Selamat Ulang Tahun” bhs. Korea versi Singkat

생일 축하 합니다 (2x) [saeng-il chukahamnida]
= selamat ulang tahun

사랑하는…(이름) [sarang haneun….]
= untuk yang terkasih…(sebut namanya)

생일 축하 합니다 [saeng-il chukahamnida]
= selamat ulang tahun

Untuk bait 사랑하는…(이름) [sarang haneun….] bisa juga diganti dengan 우리 어빠 [uri oppa = ayah kami] atau 우리 엄마 [uri omma = ibu kami], dll.

Itulah beberapa bentuk ucapanselamat ulang tahun‘ yang biasa digunakan ketika ingin menyampaikan ucapan selamat kepada seseorang yang merayakan hari ulang tahunnya dalam bahasa Korea.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan baik lewat facebook, twitter, WA, Line, atau media sosial lainnya.