Generator Nama Korea Berdasarkan Tanggal Lahir

belajar-bahasa-korea-full

Kamu ingin memiliki nama Korea yang bagus? Meskipun kamu bukan keturunan dari marga Korea namun kamu bisa memiliki nama Korea yang keren untuk kamu pasang di sosial media Facebook, Instagram, Wattpad atau yang lainnya.

Ada 3 cara agar kamu bisa memiliki nama Korea yaitu:

  1. Menggunakan aplikasi generator nama Korea (Korean name generator)
  2. Langsung memilih salah satu nama Korea yang sudah populer
  3. Translate nama Indonesia ke tulisan Hangul Korea

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada kami tentang nama Korea ini di antaranya:

cara membuat nama korea berdasarkan tanggal lahir img

Untuk itu jika penasaran ingin tahu siapa nama Kamu jika ditranslate ke dalam tulisan hangul atau ingin memakai nickname ala keKorea-koreaan silahkan baca tuntas halaman ini, dan jangan lupa share ke teman-temanmu yang sama-sama ingin mengubah nama mereka ke dalam nama Korea.

Cara Membuat Nama Korea Berdasarkan Tanggal Lahir

Daripada kamu menggunakan aplikasi Korean name generator Rum and Monkey, akan lebih simple jika kamu memanfaatkan generator nama Korea berdasarkan tanggal lahir yang tersedia di halaman awal tadi.

Kamu juga bisa mencari nama Koreamu berdasarkan dari tanggal, bulan, dan tahun kelahiranmu secara manual dengan melihat chart rumus pembuatan nama Korea berikut.

chart rumus pembuatan nama korea berdasarkan tanggal lahir Quiz123.xyz

Contoh, Jika kamu seorang "Perempuan" yang lahir pada tanggal 1 September 1996, maka nama Koreamu adalah 최진희 (Choe Jin-Hui). Di mana 최(Choe) merupakan nama marga, sedangkan 진희 (Jin-Hui) adalah nama panggilan.

Sebaliknya, Jika kamu seorang "Laki-laki" yang lahir pada tanggal 1 September 1996, maka nama Koreamu adalah 최진훈 (Choe Jin-Hun). Di mana 최(Choe) merupakan nama marga, sedangkan 진훈 (Jin-Hun) adalah nama panggilan.

Perlu diperhatikan bahwa sistem ejaan romanisasi untuk tulisan Korea (Hangul) ada berbagai versi, untuk versi yang sekarang dipakai yaitu sistem Romanisasi Revisi (Revised Romanization).

Ada berbagai perbedaan cara tulis dan cara eja nama Korea jika dilihat dari sistem penulisan bahasa Inggris, misalnya untuk nama marga 이 (i) dalam ejaan Inggris ditulis "Lee", marga 박 (Bak) ditulis "Park", 임 (Im) ditulis "Lim", dan lain-lain.

Contoh Nama Korea yang Bagus dan Populer untuk Perempuan dan Laki-laki

Jika kamu ingin menggunakan nama Korea namun tidak punya ide untuk membuat namanya, kamu bisa gunakan beberapa contoh nama Korea yang populer dari daftar di bawah ini.

Nama-nama berikut diambil dari data nama wanita dan laki-laki Korea yang populer berdasarkan data sensus 2017.

No.Nama PerempuanNama Laki-laki
1하윤 (Ha-Yun)도윤 (Do-Yun)
2지우 (Ji-Wu)예준 (Ye-Jun)
3하린 (Ha-Rin)주원 (Ju-Won)
4수아 (Su-A)유준 (Yu-Jun)
5지아 (Ji-A)지호 (Ji-Ho)
6서아 (Seo-A)준우 (Jun-U)
7서윤 (Seo-Yun)하준 (Ha-Jun)
8서연 (Seo-Yeon)서준 (Seo-Jun)
9하은 (Ha-Eun)시우 (Si-U)
10지유 (Ji-Yu)민준 (Min-Jun)

Daftar nama di atas merupakan nama panggilan (Given name) atau "Ireum" (이름) sehingga kamu tinggal menambahkan nama marga (surname) di depannya.

Untuk ide nama marga Korea beserta artinya bisa kamu lihat di bawah halaman ini atau bisa kamu ambil dari daftar lengkap nama marga yang digunakan artis Korea di sini.

Nama Korea Berdasarkan Sifat

Selain menggunakan tanggal, bulan, dan tahun lahir, atau langsung menggunakan salah satu nama populer, kamu juga bisa memiliki nama Korea berdasarkan sifat dengan menggunakan aplikasi Quiz123.xyz.

Dari beberapa sifat atau karakter yang kamu jawab dari pertanyaan-pertanyaan kuis tersebut akan dicocokkan dengan beberapa karakter nama Korea yang bisa kamu gunakan untuk nama aliasmu agar terlihat keren.

Arti Nama Marga Korea

Berbeda dengan nama di Indonesia, untuk cara penamaan orang Korea selalu menyertakan nama family (marga/klan) mereka.

Jadi ada dua nama yang dimiliki orang Korea yaitu nama marga (surname) dan nama panggilan/nama pemberian (given name).

Untuk urutannya, nama marga (성: seong) biasanya disimpan sebagai nama depan sedangkan nama panggilan (명: myeong / 이름: ireum) sebagai nama belakang. Sebagai contoh:

김우빈

Nama marga: 김 (Kim)
Nama panggilan: 우빈 (Woo-bin)

Untuk nama marga biasanya hanya terdiri dari satu suku kata, seperti 김 (Kim), 이 (Lee), 박 (Park), dan ada juga yang terdiri dari 2 suku kata, namun jarang.

Ada lebih dari 250 nama marga yang digunakan di Korea utara dan Korea selatan sampai saat ini.

Dari sekian banyak marga ada beberapa nama marga yang paling populer dan banyak dipakai etnis Korea.

Berikut adalah urutan 10 besar populasi marga Korea yang paling populer dan banyak dipakai warga Korea selatan menurut data sensus tahun 2015. (sumber: daftar nama marga Korea - Wikipedia)

No.Nama MargaHangulHanjaPopulasi (2015)
1Kim10.689.967
2Lee李, 伊, 異, 利, 怡, 㛅7.307.477
3Park 朴, 博4.192.080
4Jung鄭, 丁, 程, 政, 桯, 定, 正, 情2.407.601
5Choi 崔, 催, 寉, 最2.340.582
6Cho 趙, 曺, 調, 造, 赵, 刁, 朝1.453.971
7Kang姜, 康, 剛, 强1.269.251
8Yoon尹, 允, 潤1.020.564
9Lim 林, 任, 壬, 恁1.015.200
10Jang 張, 蔣, 章992.721

Bagi kamu yang penasaran ingin mengetahui apa saja arti marga Korea, berikut ini ada beberapa list nama marga beserta artinya:

  1. 김 (Kim, Gim) artinya "emas".
  2. 이 (Lee, Yi, I, Yee) artinya "Pohon Plum" atau "Keuntungan".
  3. 박 (Park, Pak, Bak) artinya "labu botol" atau "bersinar".
  4. 최 (Choi, Choe) artinya "Puncak/top".
  5. 정 (Jeong, Chung) artinya "benar, setia" atau "berbudi luhur".
  6. 강 (Kang, Gang) artinya "kuat" atau "sungai".
  7. 조 (Cho, Jo, Joe) artinya "grup" atau "desa".
  8. 장 (Jang, Chang) artinya "tanah pertanian" atau "memperluas".
  9. 임 (Im, Lim, Yim, Leem) artinya "hutan" atau "bertahan".
  10. 신 (Sin,Shin, Sheen) artinya "baru" atau "waspada".

Cara Translate Nama Indonesia Ke Korea

Kesalahan umum yang terjadi saat ingin mengubah nama Indonesia ke dalam tulisan hangul Korea yaitu mereka menuliskan huruf demi huruf dari Latin ke alfabet hangul.

Padahal tidak semua abjad hangul bisa menggantikan persis alfabet Latin dari A sampai Z, begitu juga sebaliknya tidak semua abjad latin bisa mewakili karakter hangul.

Yang kita harus perhatikan saat mentranslate atau mengubah nama Indonesia ke dalam tulisan Korea (hangul) yaitu menuliskannya berdasarkan bunyi pengucapan, bukan berdasarkan abjad tulisan latinnya.

Perlu diingat, bahwa penulisan hangul ditulis per suku kata, di mana tiap suku kata terdiri dari bunyi konsonan dan vokal.

Kita ambil sebagai contoh nama "Jimmy", jika ditulis ke dalam huruf hangul maka bukan ditulis per karakter seperti huruf J-I-M-M-Y, tapi ditulis berdasarkan bunyi pengucapan yaitu "JIM-MI". Maka penulisan hangulnya adalah 짐미 (jim-mi).

Contoh kedua, nama "Christine". Bunyi pengucapannya yaitu "KRIS-TIN". Karena satu suku kata dalam hangul harus terdiri dari vokal dan konsonan, maka suku kata pengucapannya menjadi "KEU-RI-SEU-TIN". Tulisan hangulnya menjadi 크리스틴 (kheu-ri-seu-thin).

silahkan komentar tentang cara membuat nama korea berdasarkan tanggal lahir gif