029

KURSUS BAHASA KOREA

Halo! Kenalkan nama saya Helena Galuh Ayodya Pahlevi. Sebenarnya saya sudah pernah menulis artikel untuk mengikuti kursus gratis ini. Tapi karna mungkin adanya kesalahan, admin email yang membalas email saya mengatakan bahwa artikel saya tidak terkirim, maka saya akan menulis artikel ini lagi.



Saya pertama kali tau Korea / KPop ini dari kelas 8. Saya tau itu terlambat banget wkwk. Saya sebelumnya bukan ga suka, tapi memang benar-benar tidak tau tentang KPop. Akhirnya saat kelas 8 sekolah saya mengadakan lomba antar kelas dengan salah satu lombanya yaitu BoyBand GirlBand.

Okeh, kalo BB sama GB ini saya memang sudah tau, tapi saya tau nya cuma BB sama GB dari Indonesia doang. Saya waktu itu suka banget sama SMASH. Lucu banget deh inget rasanya pas waktu dulu ngefans sama BB satu itu. Dulu itu sampe hafal semua liriknya sama koreo nya.

Akhirnya di kelas saya, saya duluan yang ditunjuk pertama (karna mungkin saya bisa dance dan bisa belajar koreo nya dengan cepat). Saya sih pertama nya mau mau aja, karna saya pikir BB GB nya tu dari Indonesia. Dan dari kelas saya ada 9 orang cewe termasuk saya yang ikut GB.

Saya udah mikir nih, udahlah CherryBelle aja. Ternyata pas latihan pertama…….jeng jeng jeng…….temen-temen saya yang lain itu ternyata udah kenal KPOP dan minta buat Koreo aja. Pertama nya saya dikasih liat MV -MV nya gitu. Ada SNSD, 4Minute, Sistar, dan banyak deh.

Karna saya belom terlalu tau tentang Korea dan langsung dikasih Korea, saya jadi agak bingung gitu. Belom nangkep lahh. Akhirnya abis pulang dari latihan (belom menghasilkan apa-apa), saya langsung buka laptop langsung nyari lagi MV-MV nya gitu.

Lama kelamaan pas ngeliat MV nya sama denger lagunya, kok….enak. Wkwkwkww. Nah, saya tertarik sama lagunya SNSD yang GEE. Saya liat koreonya ga terlalu susah.

Latihan selanjutnya, saya kasih tau lah ke temen-temen yang lain, dan mereka seneng banget kalo saya milih Korea, Kami pun latihan. Dan hasilnya lumayan lah, wkwkkw JUARA 3 !!!

Mulai dari situlah saya mulai nyari nyari tentang Korea. Pertama sih cuma Kpop nya doang, eh malah ngerambat ke budaya sama bahasa nya. Soalnya pas dengerin bahasa nya gitu di lagu-lagu Korea sama di drama Korea, kok enak dengernya gitu bahasanya.

Akhirnya saya mulai belajar bahasanya sendiri (otodidak gitu) lewat google sama youtube. Pertama agak susah ngafalin bentuk-bentuk Hangeul nya gitu. Tapi saya selalu baca terus. Eh inget sendiri, sampe nempel di otak. Terus saya juga sambil ngafail vocal nya Korea gitu. Dan juga angka-angkanya yang ada 2 jenis.

Akhirnya sampe tahap selanjutnya, yaitu GRAMMAR ! Nah saya stuck disini. Saya coba pahami terus tapi ternyata susah banget, Saya bingung cara belajarnya. Dan juga karna tulisan Hangeul ga selalu sama dengan pengucapannya. Itu yang bikin susah.

Nah, karna mama saya ngeliatin saya yang selalu belajar Bahasa Korea dan kesulitan, akhirnya saya dicarikan kursus Bahasa Korea di dekat rumah saya. Saat itu saya masih masa-masa libur kenaikan kelas ke kelas 9. Agak susah sih nyari kursus nya karna memang di dekat rumah itu gaada gitu.

Dan akhirnya ketemu tapi agak jauh dari rumah. Saya masuk deh ke kursus bahasa korea itu. Pertamanya seru sih karena gurunya yang ngajar adalah orang Korea asli tapi bisa Bahasa Indonesia dikit-dikit. Nah terus beranjak deh ke Grammar. Gatau kenapa, aku tetep stuck disini.

Mungkin karna gurunya yang gabisa menjelaskan dengan baik dalam Bahasa Indonesia jadi aku ga terlalu paham dengan apa yang dia jelaskan, Dan saat itu aku juga sudah kelas 9 yang makin banyak tugas dan sibuk karena mau UN. Dan juga jadwal belajarnya yang setiap hari Selasa Kamis dan itu jam 7 malam. Haduh ga kebayang capek nya deh. Akhirnya saya keluar dari kursus itu.

Sekarang saya sudah lulus SMA !!! YEAY !!! wwkkwk. Saya sampe sekarang masih ingat Hangeul dan angka-angka Korea.

Kenapa saya mengharapkan kursus gratis ini ? Karna saya yang sudah mau kuliah dan adik saya yang baru mau SD, jadi orangtua saya sudah mengeluarkan banyak uang untuk keluarga, ditambah lagi saya belum mempunyai pendapatan.

Dan juga saya tau bahwa Bahasa itu sangat penting. Jika kuliah nanti saya bisa Bahasa Korea, itu tidak menutup kemungkinan saya bisa pertukaran pelajar dengan mahasiswa di Korea ataupun jika saya melanjutkan kuliah di Korea atau saya juga bisa bekerja dengan orang Korea.

Maka dari itu saya sangat berharap bisa mendapatkan kesempatan Kursus Gratis ini. Karna saya memang benar-benar niat. Maaf jika ada salah kata ataupun typo-typo.Terimakasih πŸ™‚

Note : Untuk gambar artikel, saya hanya mempunyai foto selfie saya, Harap dimaklumi ^^ hehehe