info loker korea terbaru

Info Lowongan kerja Korea Selatan terbaru

Terpikat dengan besarnya gaji minimal 12 juta perbulan di Korea membuat para pencari kerja di Indonesia berbondong-bondong mencari lowongan kerja ke luar negeri khususnya Korea selatan, Jepang, atau Australia.



Rata-rata peminat yang mencari informasi lowongan kerja ke Korea kebanyakan dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur terutama dari kota-kota besar seperti di Jakarta, Cilacap, Malang, Semarang, Surabaya, Indramayu, Jogja, Madiun, Tulungagung, dll.

Lowongan kerja luar negeri Korea, Jepang atau Australia?

Dengan semakin susahnya mencari lapangan kerja di dalam negeri, kini banyak para lulusan SMK atau perguruan tinggi yang mencari lowongan kerja ke luar negeri mencoba untuk bekarir di bank Korea, Korean Air, bank BNI Korea, hotel Korea, atau bahkan menjadi bidan di Korea.

Untuk lowongan kerja laki-laki ke Jepang bisa mengikuti program IMM Japan yaitu magang sebagai kenshusei/jishusei sedangkan untuk wanita bisa mengikuti program G To G Jepang sebagai asisten Nurse (kangoshi) atau asisten careworker (kaigofukushishi) secara resmi melalui BNP2TKI.

Pada bulan Juni 2016 menteri perdagangan Thomas Lembong menyatakan bahwa ada peluang lowongan kerja luar negeri di Australia sebanyak 36 ribu tenaga kerja yang bisa diisi oleh orang Indonesia.

Menurutnya informasi peluang lowongan kerja di Australia tersebut didapatkan dari menteri perdagangan Australia yang menyatakan

“Mantan Mendag Australia menyampaikan saat ini ada 36 ribu lowongan di sektor swasta. Dan terus terang, semua sepakat lowongan kerja ini sangat sempurna untuk diisi oleh tenaga kerja Indonesia,” tuturnya pada Rabu, (1/6/2016).

Lowongan kerja ke Korea resmi melalui BNP2TKI

Perlu diingat bahwa lowongan kerja resmi ke Korea hanya melalui jalur BNP2TKI melalui program G to G.

Syarat utama untuk bisa mengajukan lamaran kerja ke Korea melalui program G to G ini yaitu harus mempunyai sertifikat kelulusan tes bahasa Korea EPS TOPIK.

Oleh sebab itu harus dipersiapkan sedini mungkin untuk mulai belajar bahasa Korea dari sekarang agar tidak kewalahan saat mendadak dibuka lowongan ujian EPS TOPIK, sebab pengumuman pembukaan ujian EPS TOPIK tidak bisa diprediksi secara tepat tanggal berapa dibukanya.

Jangan terbujuk rayu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang menawarkan proses instan lowongan kerja ke Korea langsung berangkat dengan biaya yang luar biasa tinggi

Untuk saat ini bidang pekerjaan untuk CTKI Korea melalui program resmi G to G menyediakan lowongan kerja di bidang manufaktur (pabrik) dan Fishing (perikanan).

Untuk yang ingin bekerja di bidang farmasi atau kerja di pabrik maka harus memilih bidang manufaktur sedangkan yang sudah berpengalaman kerja di kapal ikan atau hobinya melaut maka dapat masuk ke bidang fishing.

Berapa Won jumlah gaji TKI Korea di sektor Perikanan (Fishing) atau Pabrik (Manufaktur)

Gaji basic TKI Korea mengalami kenaikan tiap tahun. Untuk besarannya berbeda-beda tiap perusahaan tergantung banyaknya jumlah jam lembur dan kebijakan dari perusahaan masing-masing.

Untuk bisa bekerja di sektor perikanan di Korea memang memerlukan persyaratan nilai ujian EPS TOPIK yang agak rendah dibandingkan sektor manufaktur, namun kelemahannya yaitu pekerjaan di sektor fishing tidak mempunyai jam kerja yang teratur dan tidak adanya hitungan uang lembur.

Jadi gaji TKI Korea perbulan yang diterima untuk sektor perikanan biasanya hanya mendapatkan gaji basic bersih, berbeda jika bekerja di sektor manufaktur yang bisa mendapatkan jumlah gaji yang agak besar yaitu gaji basic bersih plus tambahan lembur (jika ada lembur).

Untuk informasi Gaji TKI terbaru atau kenaikan gaji pertahun biasanya diumumkan lewat Info Nodongbu Korea atau jika memerlukan rincian hitungan gaji bisa dikonsultasikan lewat shelter atau konsultan yang khusus mengurusi TKI di Korea.

Tentunya untuk masuk ke lowongan kerja di Korea bidang manufaktur atau fishing mempunyai syarat standar nilai berbeda. Nilai kelulusan ujian bahasa Korea EPS TOPIK untuk bidang manufaktur standarnya lebih tinggi dibanding untuk bidang fishing.

Untuk tahapan proses lamaran dan pemberangkatan kerja ke Korea melalui BNP2TKI bisa dibaca secara lengkap di halaman ini.

Lowongan kerja ke Korea ilegal

Sayangnya banyak orang awam yang tergiur dengan iming-iming instan untuk dapat pergi kerja ke Korea. Pikirnya yang penting bisa berangkat dulu ke Korea, setelah di sana bisa bebas sesuka hati memilih pekerjaan atau pindah-pindah pabrik.

Banyak yang terjebak oleh calo-calo nakal yang menawarkan proses instan dan cepat dengan tawaran lowongan kerja Korea langsung berangkat tanpa tes asal mampu menyediakan biaya se”anu”, namun akhirnya alih-alih berangkat malah “gigit jari”, bahkan sawah dan kebo yang dijual untuk biaya pun melayang sia-sia.

Percayalah bahwa segala sesuatu yang dijalankan secara ilegal atau tidak resmi maka hanya akan menyengsarakan diri sendiri dan keluarga.

Oleh karena itu daripada mengikuti lowongan kerja ke Korea dengan cara ilegal lebih baik ikuti program kerja ke Korea yang resmi lewat BNP2TKI melalui program G to G.

Lowongan kerja Korea untuk wanita atau cowok?

Tidak hanya laki-laki, kini lowongan kerja di Korea buat wanita banyak peminatnya.
Kemungkinan karena tergiur oleh gaji Korea yang lebih besar daripada negara Asia lainnya seperti Hongkong, Taiwan, Singapura maka Korea selatan kini menjadi tujuan utama pencari kerja cewek.

Memang sebenarnya lowongan kerja ke Korea selatan didominasi oleh tenaga kerja cowok karena bidang pekerjaan yang disediakan rata-rata industeri berat dan sektor perikanan yang memerlukan tenaga kerja pria.

Berikut daftar 26 jenis pekerjaan sektor manufaktur di Korea Selatan:

1 Industri produk-produk makanan
2 Industri minuman
3 Industri produk dari tembakau
4 Industri tekstil , kecuali pakaian
5 Industri pakaian, bulu dan Asesoris pakaian
6 Kulit dan barang dari kulit, pembuatan koper dan alas kaki
7 Industri produk-produk dari kayu dan gabus, kecuali mebel
8 Pembuatan bubur kertas, kertas dan produk-produk dari kertas
9 Percetakan dan reproduksi rekaman media
10 Pembuatan batu arang, batubara dan briket bahan bakar batubara muda dan produk pengilangan minyak
11 Pembuatan bahan kimia dan produk kimia, kecuali obat-obatan dan bahan kimia obat
12 Pembuatan obat-obatan, bahan kimia obat dan produk-paroduk dari nabati
13 Pembuatan produk-produk dari karet dan plastik
14 Pembuatan produk-produk dari mineral non logam lainnya
15 Industri bahan baku logam
16 Industri barang dari logam, kecuali mesin dan perabotan
17 Pembuatan komponen elektronik, komputer, radio, televisi dan peralatan komunikasi dan instrumen
18 Industri alat kesehatan, alat ketelitian dan optik, jam tangan dan jam
19 Pembuatan peralatan listrik
20 Pembuatan mesin dan peralatan lainnya
21 Industri kendaraan bermotor, trailer dan semitrailer
22 Pembuatan peralatan transportasi lainnya
23 Pembuatan perabotan mebel
24 Industri lainnya
25 Daur ulang limbah logam dan non logam dan bekas pakai
26 Daur ulang limbah logam dan bekas pakai

Di antara ke 26 sektor pekerjaan manufaktur tersebut hanya sedikit yang menyerap lowongan kerja buat wanita. Namun tidak menutup kemungkinan untuk selanjutnya akan bertambah lagi sektor lowongan kerja Korea yang membutuhkan lebih banyak lagi tenaga kerja wanita.

Lowongan kerja Korea gratis atau potong gaji?

Tidak semua yang bisa berangkat kerja ke Korea adalah orang mampu dalam hal finansial.

Justru kebanyakan adalah yang kurang mampu dalam segi ekonomi dan ingin mencoba peruntungannya di luar negeri agar bisa memperbaiki ekonomi keluarga.

Hal ini mendorong sebagian orang untuk mencari lowongan kerja ke Korea tanpa biaya dikarenakan ketidakmampuannya untuk menyediakan biaya proses ke Korea yang diketahui harus menghabiskan puluhan juta.

Tidak heran banyak cerita yang berbeda-beda dari orang yg sudah berangkat dan bekerja di Korea bahwa si A sudah menghabiskan biaya sebesar 60 juta rupiah sedangkan si B cuma menghabiskan biaya 25 juta rupiah untuk bisa berhasil berangkat ke Korea.

Di situlah kita harus pandai untuk memilih dan punya kepercayaan diri yang tinggi bahwa yang bisa memberangkatkan diri ke Korea adalah diri kita sendiri (di samping nasib), bukan orang lain, calo, atau bahkan “oknum” lembaga LPK sekalipun yang menawarkan iming-iming jaminan berangkat dengan biaya tinggi di atas normal.

Namun sekarang ada program KUR BRI dg persetujuan BNP2TKI untuk TKI Korea yang bisamempermudah dalam membantu pembiayaan kerja ke Korea bagi yang benar-benar tidak mampu.

Pengajuan KUR BRI untuk TKI Korea bisa diajukan ketika calon TKI yang memerlukan dana mendapatkan penggilan untuk mengikuti Prelim dan positif terbang ke Korea.

Jumlah pinjaman KUR BRI untuk TKI Korea sebesar 10 juta rupiah yang diberikan dalam 2 tahap yaitu tahap pertama diberikan saat pengajuan dan tahap kedua diberikan ketika panggilan untuk terbang.

Proses angsuran KUR BRI untuk TKI Korea ini dimulai pada bulan ketiga setelah berada dan bekerja di Korea. Jadi, memperoleh jatah bebas angsuran selama 2 bulan yaitu bulan pertama dan kedua.

Syarat KUR BRI untuk TKI Korea

Aturan ini bisa berubah sewaktu-waktu. Meskipun jumlah pinjaman kurang dari cukup dari total biaya proses kerja ke Korea yang diperlukan, setidaknya bisa membantu meringankan beban biaya ‘mendadak’ saat pemberangkatan bagi yang benar-benar tidak mampu.

Adapun syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk mengajukan KUR BRI TKI Korea adalah:
1/ Hasil print panggilan prelim dari BNP2TKI yang bisa dicetak langsung dari website pengumuman BNP2TKI, atau sertifikat preliminary training beserta fotokopinya.
2/ Fotokopi + Asli KTP (isteri/suami/orang tua)
3/ Fotokopi + Asli Kartu Keluarga (KK)
3/ Fotokopi + Asli Paspor
4/ Fotokopi + Asli Sertifikat kelulusan ujian EPS TOPIK
5/ Fotokopi + Asli Ijazah terakhir

Lowongan kerja eks Korea di Indonesia

Mantan/eks TKI Korea yang sudah menyelesaikan masa kontrak kerjanya di Korea, setelah pulang ke kampung halamannya bisa membuka usaha sendiri, menciptakan lapangan kerja atau bekerja kembali di perusahaan Korea yang ada di Indonesia.

Banyak lowongan kerja industri Korea di Indonesia yang menawarkan lowongan untuk mempekerjakan eks TKI Korea di perusahaannya karena membutuhkan pengalaman dan juga kemampuan bahasa Koreanya.

Pengumuman lowongan kerja bagi eks TKI Korea bisa diakses secara online di situs www.hrdkepsid.com yang merupakan perwakilan HRD Korea di Indonesia.

Selain bekerja di perusahaan Korea seperti di CJ Korea Express Cilegon, kantor perwakilan HRD Korea di Indonesia, para eks TKI Korea juga bisa mengisi lowongan kerja menjadi translator atau interpreter bahasa Korea, guru bahasa Korea, mendirikan LPK bahasa Korea, atau menjadi guide bahasa Korea di Bali.

Untuk update informasi pengumuman lowongan CTKI Korea resmi program G to G atau Info Lowongan kerja Korea Selatan terbaru bisa dipantau di website resmi BNP2TKI yaitu di bnp2tki.go.id