belajar kursus bahasa korea basic pemula

Contoh soal ujian bahasa Korea (cbt eps-topik)

contoh soal ujian bahasa korea (cbt eps-topik) - EPS  TOPIK adalah merupakan kepanjangan dari Employment Permit System - Test of Proficiency in Korean.



Ujian bahasa Korea EPS TOPIK merupakan tes untuk menilai kemampuan bahasa Korea tingkat dasar bagi para calon tenaga kerja asing yang akan bekerja di Korea selatan.

Jadi untuk bisa melamar kerja di Korea selatan maka prosedur awal yang harus dilalui oleh calon TKI Korea yaitu harus mengikuti ujian bahasa Korea EPS TOPIK.

Salah satu persyaratan untuk bisa mengajukan lamaran ke HRD Korea pusat yaitu harus mempunyai sertifikat kelulusan tes EPS TOPIK, jadi jika anda ingin bekerja ke Korea harus bisa lulus ujian bahasa Korea dulu.

Oleh karena itu sedini mungkin usahakan untuk belajar bahasa Korea agar saat diadakannya ujian EPS TOPIK kita sudah mempunyai persiapan yang matang tentang pemahaman bahasa Korea.

Jika kita belajar bahasa Korea ketika waktunya sudah dekat atau mepet dengan jadwal tes maka akan kesulitan untuk memahami dengan cepat materi dasar bahasa Korea, terlebih lagi kita harus punya waktu banyak untuk menghafal kosa kata bahasa Korea.

Sebaiknya jauh-jauh hari kita persiapkan untuk mempelajari dasar bahasa Korea baik secara otodidak atau mulai mengikuti les bahasa Korea di tempat kursus terdekat.

Untuk jaman sekarang semua sarana tersedia dengan mudah termasuk belajarpun kini bisa dilakukan secara online.

Materi belajar bahasa Korea secara gratis pun kini banyak bertebaran di internet.

Asalkan punya koneksi internet dan gadget atau komputer untuk mengakses internet maka kita dengan mudah bisa menemukan situs-situs atau web yang menyediakan pembelajaran bahasa Korea dasar untuk pemula.

Bagi yang mempunyai dana untuk ikut kursus di lembaga pendidikan bahasa Korea bisa dimulai dari sekarang untuk daftar les bahasa Korea agar nantinya ketika mengikuti tes eps topik kita sudah matang dan siap menjawab soal-soal ujian bahasa Korea.

Tes EPS TOPIK dilakukan dalam dua cara yaitu tes CBT dan PBT.

Tes CBT adalah ujian yang dilakukan dengan menggunakan sarana komputer (Computer Based Test). Semua soal dan lembar jawaban ditampilkan melalui layar monitor dan untuk mengisi jawaban kita hanya cukup menggunakan mouse dengan mengklik jawaban yang kita pilih.

Jadi di sini kita tidak menggunakan alat tulis seperti kertas atau pensil. Semuanya menggunakan media komputer.

Sedangkan Tes PBT adalah kebalikan dari tes CBT yaitu ujian yang dilakukan berbasis kertas (Paper Based Test). Semua lembar soal dan jawaban masih menggunakan media kertas dan untuk mengisi jawaban kita menggunakan pensil atau potlot.

Baik tes CBT ataupun PBT sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Yang membedakan hanyalah cara pelaksanaan dan sarana yang digunakan.

Tes yang berbasis komputer lebih efektif dan efisien karena cuma mengandalkan klik mouse sedangkan tes berbasis kertas memerlukan sarana kertas dan alat tulis.

Tes berbasis komputer CBT EPS TOPIK ini dulunya hanya digunakan untuk tes EPS TOPIK eks TKI Korea yang ingin kembali kerja di Korea dan diwajibkan kembali untuk mengikuti Tes CBT Khusus untuk eks TKI Korea.

Sedangkan tes berbasis kertas PBT EPS TOPIK dilakukan untuk tes EPS TOPIK umum atau pemula. Namun mulai tahun sekarang sudah diterapkan sistem tes CBT baik untuk umum ataupun untuk eks TKI Korea.

Bagi yang pertama kali akan mengikuti ujian eps topik tentu perlu mengetahui kisi-kisi atau perkiraan soal apa yang akan keluar nanti.

Diperlukan untuk memperbanyak latihan agar saat tes sesungguhnya tidak kesulitan mengerjakannya.

Perbanyak juga melihat contoh-contoh soal tes bahasa Korea untuk TKI Korea baik itu soal ujian CBT atau PBT EPS-TOPIK.

Untuk mengetahui seperti apa bentuk atau tampilan layar ujian bahasa Korea CBT EPS-TOPIK bisa dilihat seperti contoh simulasi tes EPS TOPIK di bawah ini.

  • Tampilan asli contoh ujian bahasa Korea CBT EPS-TOPIK yang dikeluarkan oleh HRD Korea bisa dilihat di sini.
  • Contoh soal ujian bahasa Korea (cbt eps-topik) yang bisa digunakan untuk latihan awal silahkan klik di sini.

Kursus bahasa Korea Murah